NewsOlahraga

PON XXI Sukses Mengubah Persepsi Masyarakat se-Nusantara Terhadap Aceh

Banda Aceh – Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut telah berakhir. Kontingen Aceh sukses mencapai target masuk 10 Besar. Tak hanya sukses dalam hal prestasi, Aceh juga sukses mengubah persepsi negatif yang selama ini kerap dibayangkan masyarakat se-Nusantara.

Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur Aceh Dr H Safrizal ZA MSi, dalam sambutannya, saat menghadiri Syukuran Kontingen PON XXI Aceh, yang dirangkai dengan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1446 H, di GOR KONI Aceh, Selasa (24/9/2024).

“Kita tidak hanya sukses prestasi tetapi kita berhasil mengubah persepsi publik tentang Aceh dan ke-Acehan. Ini harga yang luar biasa. Kehormatan kita naik, karena yang sebelumnya diragukan, ternyata H minus 3 kita sudah berhasil menepis semua keraguan, dan kita mampu, walaupun semua itu harus dilakukan dengan kerja ekstra siang dan malam,” kata Pj Gubernur.

Oleh karena itu, Pj Gubernur menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh serta para atlet yang telah sukses mencapai target 10 Besar.

“Semangat yang luar biasa dari atlet-atlet kita. Saya selalu mengingatkan kepada para atlet, bahwa anda semua turun ke gelanggang membawa nama Aceh dalam kancah nasional. Terima kasih kepada seluruh pengurus KONI, pengurus Cabor dan para atlet tentunya,” kata Pj Gubenrur Aceh.

Sebagaimana diketahui, dengan torehan 65 Medali Emas, 48 Perak dan 79 Perunggu, Aceh berada di peringkat 6, di klasemen akhir PON XXI. Ini merupakan prestasi terbaik Aceh selama berpartisipasi pada gelaran PON. Sebelumnya, pada PON XX Papua, Aceh berada di peringkat ke-12 di klasemen akhir dengan torehan 11 Medali Emas, 7 Perak dan 11 Medali Perunggu.

“Terima kasih juga kepada tim pendukung yang tak kecil kontribusinya, para sopir, pengurus makanan, pengurus kesehatan. Semuanya luar biasa. Pengurus ramah tamah, para LO, FO luar biasa, tanpa mereka mungkin wajah kita akan hitam sebelah karena terus mendapat sorotan. Namun atas peran mereka wajah kita menjadi cerah seluruhnya,” kata Pj Gubernur bertamsil.

“Terima kasih juga harus kitaa sampaikan kepada semua tim yang mempersiapkan infrastruktur. Dan, tentunya rasa terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Aceh,” kata Pj Gubernur.

“Aceh, wajah Aceh berubah total dalam persepsi masyarakat luas. Orang Aceh yang selama ini dipersepsikan menyeramkan, ternyata ramah sekali. Senyum, ramah bahagia. Kita berhasil menunjukkan Aceh hospitality, keramahan Aceh, Peumulia Jamee Adat Geutanyoe,” kata Pj Gubernur.

“Saya menerima testimoni dari semua provinsi. Mereka menyampaikan rasa terima kasihnya dan berjanji akan kembali lagi ke Aceh. Oleh karena itu, semangat Peumulia Jamee akan terus kita terapkan. bukan hanya di bidang olahraga tetapi juga di bidang lain seperti pariwisata, selanjutnya Aceh Bussiness Hospitality, Aceh Investment Hospitality, Aceh Agriculture Hospitality,” sambung Pj Gubernur.

Dalam sambutannya, Pj Guernur juga mengapresiasi dukungan para ulama, atas letuah dan do’a-do’a bagi kesuksesan PON XXI di Bumi Serambi Mekah.

“Terima kasih juga kepada awak media yang telah mendukung dengan berbagai pemberitaan positif tentang Aceh, yang semakin meningkatkan optimisme kita sebagai tuan rumah maupun sebagai atlet. Hal ini terbukti dengan raihan medali dan posisi kita di klasemen akhir,“ kata Pj Gubernur.

Oleh karena itu, Pj Gubernur mengajak seluruh elemen masyarakat Aceh untuk bersyukur atas lancar dan suksesnya perhelatan PON XXI dan prestasi atlet-atlet Aceh yang juga sangat baik peningkatannya.

Namun, Safrizal juga mengingatkan, agar jajaran KONI Aceh serta seluruh pengurus Cabor dan atlet untuk tidak berpuas diri atas capaian pada PON XXI, karena ketangguhan dan prestasi kali ini tentu akan diuji pada PON XXII mendatang.

“Euforia atas prestasi saat ini tentu penting kita rayakan sebagai sarana mengapresiasi capaian diri dan tim. Namun, mempersiapkan diri dengan terus disiplin berlatih tentu juga penting kita lakukan,” kata Pj Gubernur.

“Ingat, tantangan para juara bukanlah merebutnya tetapi mempertahankannya. Karena itu, mari kita jadikan capaian hari ini sebagai penyemangat agar bisa berprestasi lebih baik di masa mendatang,” kata Pj Gubernur berpesan.

Oleh karena itu, Pj Gubernur mengimbau agar jajaran KONI Aceh dan para pengurus Cabor untuk terus memformulasikan pola latihan yang baik agar prestasi atlet Aceh bjsa semakin meningkat dan mampu berprestasi lebih baik di PON mendatang.

Pj Gubernur juga mengimbau para anggota DPRA untuk turut memperhatikan program pembinaan atlet Aceh. Dengan gerak dan dukungan bersama dari semua pihak, Pj Gubernur optimis atlet Aceh mampu berprestasi lebih baik.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan Tausyiah Maulid oleh Tgk Yunus serta penyerahan bingkisan kepada 40 orang anak yatim yang dilaksanakan oleh Pj Gubernur Aceh, Ketua DPRA Zulfadli, Waliyul ‘Ahdi Wali Nanggroe Muzakir Manaf dan Ketua Umum KONI Aceh Kamaruddin Abubakar. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button