News

Isi Meudrah Puasa, Habib Hayqal Kupas Keutamaan Ramadan

Banda Aceh – Habib Hayqal Alaydrus mengisi Meudrah Puasa Kajian Islami yang berlangsung di Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Banda Aceh, Jumat (29/3/2024).

Kegiatan yang diikuti puluhan jemaah tersebut merupakan rangkaian Ramadhan Festival (Ramfest) 2024 yang berlangsung 28 Maret-1 April 2024.

Dalam kajian tersebut, pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Rubath Adzikra Lil Mu’minin, Deli Serdang, Sumatera Utara itu mengupas tentang keutamaan di bulan Ramadan.

Habib Hayqal menyebutkan, para ulama berpendapat bahwa 10 terakhir Ramadan merupakan momen yang sangat istimewa karena terdapat satu malam yang lebih baik dari malam seribu bulan, yakni malam Lailatul Qadar.

“Tanpa terasa, 10 terakhir Ramadan akan tiba sebentar lagi, momen yang ditunggu-tunggu adalah Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari malam seribu bulan,” ujar Habib Hayqal.

Pada kesempatan itu, Habib Hayqal juga mengungkapkan bahwa umat Muslim menanti datangnya bulan Ramadan karena bulan ini memiliki keutamaan, seperti mendapatkan ampunan, rahmat dan janji dibebaskan oleh Allah SWT daripada api neraka.

Selain itu, kata Habib Hayqal, umat Muslim juga berhajat mendapatkan pahala yang besar di bulan Ramadan. Hal ini agar memperoleh derajat kemuliaan di sisi Allah SWT.

“Tetapi Nabi Muhammad apa hajatnya? Apa kebutuhan Nabi Muhammad di saat beliau beribadah di bulan Ramadan? Apakah karena beliau beribadah di bulan Ramadan, beliau jadi lebih mulia? Tidak, karena hakikatnya puasa Ramadan ini jadi mulia karena Nabi Muhamad berpuasa di dalamnya, Ramadan ini jadi mulia karena diagungkan oleh nabi kita, Nabi Muhammad SAW, yang adalah perintah dari Allah SWT,” ungkapnya.

Selain Daurah Puasa, Aceh Ramadhan Festival 2024 juga diisi dengan pertunjukan seni Islami, bazzar Ramadan, iftar bersama, lomba anak shaleh, sagoe peunajoh Aceh dan sejumlah kegiatan menarik lainnya.

Untuk diketahui, Aceh Ramadhan Festival merupakan agenda tahunan yang digelar setiap bulan Ramadan di daerah ujung barat Sumatra itu.

Event ini merupakan satu dari tiga event budaya dan wisata Aceh yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button