NewsPariwisata

Ribuan Turis Ditargetkan Datang ke Sabang Marine Festival

Banda Aceh – Pada pertengahan bulan Maret tahun 2023 ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh bekerja sama dengan Pemerintah Kota Sabang dan stakeholder terkait akan menggelar event wisata Sabang Marine Festival (SMF) 2023 di Kota Sabang.

Sabang Marine Festival akan digelar pada tanggal 17-19 Maret 2023 yang ditargetkan akan mendatangkan turis lokal hingga turis mancanegara sebanyak ke wilayah titik nol Indonesia tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal mengatakan, Sabang Marine Festival ini akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata untuk provinsi Aceh pada umumnya dan Kota Sabang pada khususnya, dengan menawarkan destinasi wisata bahari.

“Kita menargetkan kira-kira 2500 wisatawan dari Banda Aceh datang ke Sabang. Kalau dari mancanegara khususnya dari Malaysia kira-kira saekitar 500 hingga 1000 orang wisatawan akan datang, itu sudah sangat bagus,” kata Almuniza, Senin (6/3/2023).

Menurut dia, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah Kota Sabang untuk terus mempersiapkan event Sabang Marine Festival. “Kalau persiapanya sudah sekitar 75 persen, tinggal kita merampungkan beberapa infrastruktur dan berbagai persiapan lainya untuk menyukseskan kegiatan ini,” ujarnya.

Ia berharap, Sabang Marine Festival ini dapat memberikan dampak posistif bagi masyarakat Pulau Weh terutama pelaku ekonomi kreatif. “Targetnya para pelaku UMKM yang bergerak di sektor ekonomi kreatif, warga lokal di Sabang dapat memberikan manfaat positif dan mendongkrak ekonomi di sektor pariwisata untuk daerah ini,”ujarnya.

Sabang Marine Festival akan menampilkan berbagai atraksi seni budaya yang mengangkat tentang kearifan lokal masyarakat pesisir Aceh. Atraksi budaya yang akan dipersembahkan pada event wisata bertaraf internasional tersebut mengusung tentang Panglima Laot, karena tradisi adat panglima laot tersebut merupakan adat istiadat yang berasal dari Aceh sehingga dinilai sangat sesuai dengan konsep wisata bahari. Selain itu, Sabang Marine Festival yang akan digelar diKawasan Tugu Merah Putih dan sekitar Pelabuhan Teluk Sabang itu juga akan akan menawarkan kepada wisatawan keindahan bawah laut seperti Wisata diving, snorkling, dan wind surfing.

Sabang Marine Festival 2023 akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata Kota Sabang juga telah kembali menjadi destinasi kapal pesiar dan yachter. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button