News

TRH Ajak Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Berselancar di Dunia Maya

Banda Aceh – Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Teuku Riefky Harsya (TRH) mengajak masyarakat Aceh untuk meningkatkan kewaspadaan saat berselancar di dunia maya.

Ajakan tersebut disampaikan TRH saat mengisi materi kegiatan Ngobrol Bareng Legislator dengan tema “Hati-hati Jaga Data Pribadi” yang berlangsung secara virtual pada Rabu (27/3/2024).

“Saya mengajak kita untuk fokus terus meningkatkan kewaspadaan berselancar di dunia maya dan terus menggelorakan semangat cerdas digital, di mana kita harus terus kritis memilih, memilah dan menganalisa informasi yang ada sembari terus menyosialisasikan bahaya dari abainya terhadap informasi kejahatan di dunia maya,” kata TRH.

Menurut Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu, para pelaku kejahatan di dunia maya hanya bisa bekerja jika pengguna media sosial lengah dan abai. Untuk itu, TRH meminta masyarakat pengguna media sosial agar meningkatkan pengetahuan literasi digital dan selalu waspada terhadap potensi kejahatan di dunia maya.

“Kenali dan sadari dan lindungi diri dari bahaya di dunia maya,” tegas anggota DPR RI asal Aceh itu.

TRH menambahkan, saat ini pemerintah dan legislatif terus melakukan kajian dan pembahasan tentang antisipasi bahaya dunia maya bagi kehidupan bermasyarakat, salah satunya melahirkan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi, di mana rancanganUU ini telah ditandatangani oleh Presiden sejak Januari 2020.

“Kami di Komisi 1 DPR RI terus mendorong pemerintah untuk melakukan upaya yang terbaik dan fokus terhadap perlindungan di dunia maya, salah satunya data pribadi setiap warga negara,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, TRH juga mengajak semua pihak untuk ikut berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan nilai kewaspadaan dalam pemanfaatan teknologi digital khususnya berinteraksi di dunia maya.

“Kita harus terus fokus pada pengembangan program-program membangkitkan kesadaran akan dampak negatif dunia maya atau dunia digital,” tutur TRH.

Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan menyebutkan bahwa pihaknya terus berkomitmen melakukan upaya transformasi digital untuk mendorong kemajuan perekonomian bangsa yang membuka berbagai peluang bagi masyarakat Indonesia.

“Mengingat perkembangan teknologi saat ini telah mengubah cara kita bekerja, cara kita berusaha dan cara kita menjalani kehidupan kita sehari-hari,” ujarnya.

Selain TRH, kegiatan yang dimoderatori Reni Resty tersebut juga diisi oleh Aktor, Reza Nangin dan Ketua Prodi Teknik Komputer Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh, Munawir. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button