News

TRH Sebut Pentingnya SDM yang Mampu Gunakan Teknologi dengan Bijak

Banda Aceh – Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Teuku Riefky Harsya (TRH) menyebutkan pentingnya sumber daya manusia (SDM) yang mampu menggunakan teknologi dengan bijak di era industri 4.0 saat ini.

Hal tersebut disampaikan TRH saat membuka Webinar “Literasi Kecakapan Digital: Literasi Keuangan di Era Revolusi 4.0” di Gedung Seni Budaya Aceh Singkil, Sabtu (11/2/2023).

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta itu berlangsung secara online dan offline. Sementara TRH membuka kegiatan tersebut lewat online.

Dalam kesempatan itu, TRH menyampaikan bahwa kemajuan sistem keuangan yang dihadapi saat ini tentu tidak selamanya membawa dampak positif kepada pengguna.

“Teknologi tidak selamanya dapat menjamin keamanan bagi kita. Oleh karenanya, SDM yang mampu menggunakan teknologi dengan bijak menjadi sangat krusial,” katanya.

Dalam era industri 4.0 saat ini, kata dia, industri keuangan mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama dalam bidang teknologi dan perbankan digital.

Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai macam sistem pembayaran yang instan dan mudah seperti internet banking, mobile banking, ATM, e-mooney, serta berbagai macam fitur lainnya.

Perubahan yang begitu pesat dalam teknologi keuangan ini menunjukkan bahwa teknologi baru mampu memainkan peran yang sangat strategis, tidak terkecuali di Indonesia tetapi juga di dunia global.

“Nah, teknologi digital mampu menghadirkan akses kemudahan dalam layanan keuangan yang mudah dan cepat tanpa perlu nasabah hadir secara fisik. Sehingga dengan teknologi dan digital keuangan seperti saat ini, maka motivasi pelanggan untuk belanja akan lebih loyal dan daya beli masyarakat pun dapat meningkat secara pesat,” ujarnya.

Pada tahun 2022, tambah TRH, Bank Indonesia mencatat bahwa nilai transaksi uang elektronik sudah mencapai 38% setara dengan 5.184 triliun pada bulan Oktober 2022 yang lalu.

“Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa semakin hari uang digital semakin diminati, dan memainkan peran yang sangat penting dalam transaksi di pasar lokal maupun global,” kata dia. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button