News

FAH UIN Bekali Dosen Melalui Pelatihan Peningkatan Kapasitas Diri

FAH UIN Bekali Dosen Melalui Pelatihan Peningkatan Kapasitas Diri

Banda Aceh – Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh memberikan pelatihan peningkatan kapasitas bagi dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Rabu (23/11/2022) di aula fakultas tersebut.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Syarifuddin saat membuka acara mengatakan bahwa seiring perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi digital, pengembangan atau pembangunan kapasitas (capacity building) SDM menjadi hal yang mutlak harus berjalan dengan baik.
“Secara umum, capacity building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan, sikap dan perilaku dari SDM,” ungkap Syarifuddin.
Menurutnya, pembangunan kapasitas merupakan proses yang harus dilakukan baik pada level individu, kelompok dan institusi atau organisasi yang secara keseluruhan bertujuan untuk menjamin kesinambungan institusi melalui percapaian tujuan dan sasaran institusi tersebut.
Lebih lanjut, kata Syarifuddin melalui pelatihan ini diharapkan para peserta baik dosen maupun tenaga kependidikan dapat memperoleh pengetahuan secara komprehensif tentang pentingnya mengenal dan mengembangkan capacity building, mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun interaksi dengan orang lain.
“Saya berharap kita semua baik dosen maupun Tendik untuk terus meningkatkan kualitas dan kapasitas diri untuk kemajuan FAH UIN Ar-Raniry. Kemudian harus memiliki pandangan yang sama untuk melihat peluang dan percapaian visi dan misi serta memiliki spirit kerja yang bagus dan bertanggungjawab terhadap pekerjaan yang sudah diamanahkan,” harapnya.
Selain itu, menjadi dosen dan tenaga kependidikan harus responsif terhadap perkembangan zaman. Hal ini karena menjadi dosen harus mendidik anak didiknya sesuai dengan zamannya.
Sementara itu, Ketua Pelaksana Sanusi mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dosen dan tendik dalam menjalankan tugas-tugas  administratif dan akademis.
“Kegiatan ini diikuti oleh 55 peserta yang merupakan perwakilan dosen dan tendik. Para peserta dibekali dengan pengenalan dan peningkatan etos kerja, manajemen waktu, manajemen arsip dan bedah kinerja ASN UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” kata Sanusi.
Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry Banda Aceh Drs H Ibnu Sa’dan MPd, Regional Business Control Manager PT Bank Syariah Indonesia Akhyar Sulhan ST MT dan Kepala UPT Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Aceh, Muhamad Ihwan S Sos MSi. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button