News

Rektor USK Ajak Mahasiswa Unigha Tingkatkan Literasi Digital

Pidie – Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan mengajak mahasiswa Universitas Jabal Ghafur (Unigha) untuk meningkatkan kompetensi literasi digital atau teknologi informasi.

Hal tersebut disampaikan Prof. Marwan saat mengisi kuliah umum di Aula kampus tersebut di Gle Gapui, Pidie, Jumat (10/2/2023).

Kuliah Umum ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa Unigha serta para Kepala Sekolah di Kabupaten Pidie. Pada kesempatan ini, Prof. Marwan juga melakukan penandatanganan MoU dengan Rektor Unigha Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M.Pd terkait penguatan institusi kedua kampus tersebut.

Penandatanganan kesepakatan tersebut turut disakikan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Bisnis USK Dr. Ir. Taufiq Saidi,M.Eng. Lalu Wakil Rektor I Unigha Dr. Rahmi Agustina, S.Si. M.Pd dan Wakil Rektor III Unigha Dr. Amirzan, M.Pd.

Prof. Marwan mengatakan, saat ini perkembangan teknologi informasi telah menuntut setiap orang untuk siap beradaptasi. Kemampuan beradaptasi ini sangatlah penting agar kita bisa survive di era Revolusi Industri 4.0.

Mengingat salah satu karakteristik Revolusi Industri 4.0 ini adalah akses informasi yang begitu cepat, serta banyak pekerjaan yang mulai dikerjakan oleh mesin. Untuk bertahan di era tersebut, ungkap Prof. Marwan, maka kita harus meningkatkan kompetensi terkait literasi digital.

“Jika kita punya skill di bidang teknologi informasi, maka daya saing kita meningkat. Kompetensi inilah yang paling banyak dicari di era sekarang,” ucap Rektor.

Bahkan di era baru ini, kata literasi memiliki makna yang luas. Di antaranya, literasi data yaitu kemampuan menganalisis data. Lalu literasi teknologi yaitu kemampuan memahami kerja mesin termasuk Artificial Intelligence (AI). Serta yang paling penting adalah literasi manusia, yaitu kemampuan berkolaborasi maupun komunikasi.

“Semua literasi tersebut menjadi tantangan untuk kita pelajari. Jadi terus perkuat skill ini karena merupakan kunci kesukesan di masa depan,” ucap Rektor.

Karena itulah, Prof. Marwan mengatakan, USK siap mendukung upaya Unigha untuk meningkatkan kualitas akademiknya, melalui berbagai program kerja sama.

Dalam sambutannya, Rektor Unigha menyampaikan terima kasih atas kesediaan Prof. Marwan berbagi ilmunya serta terjalinnya kerja sama ini. Mengingat saat ini Unigha sedang berupaya untuk meningkatkan akreditasi institusinya.

“Selama ini USK dikenal Jantong Hatee-nya Rakyat Aceh, sementara Unigha Jantong Hatee-nya masyarakat Pidie. Kolaborasi kedua kampus ini diharapkan dapat kian mendorong mutu pendidikan di Aceh,” ucapnya.[]

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button