News

Bimbing Anak Migran, Mahasiswa USK Mengajar di KBRI Malaysia

Banda Aceh – Mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (USK) yang terdiri dari Rahmat Zuliansyah (Pendidikan Bahasa Indonesia), Uzlifatil Jannah (Pendidikan Biologi), dan Salma Puan Iqrina (Pendidikan Bahasa Inggris) dikirim ke Malaysia untuk mengikuti Student Exchange Programme – Bachelor of Business (Hons) International Business Programme oleh INTI International University selama 4 bulan.

Dekan FKIP USK, Syamsulrizal, Senin (6/11/2023) mengatakan, pengiriman mahasiswa ke Kuala Lumpur itu merupakan program proyek kemanusiaan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur.

“Kegiatan ini berlangsung selama empat bulan. Didukung oleh INTI International University dan Education Malaysia Global Services (EMGS). Mahasiswa yang dikirim ke KL, sebelum mengajar di sanggar-sanggar asuhan KBRI, terlebih dahulu mendapatkan kuliah di INTI International University. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses administrasi konversi nilai dalam Kurikulum Merdeka Internasional,” ujar Dekan FKIP.

Ia menjelaskan, selama di Kuala Lumpur mereka akan dibagi ke di sanggar-sanggar yang berbeda di bawah asuhan KBRI. Mereka akan bergabung dengan mahasiswa delegasi kampus lain. Di sanalah mereka akan mengajarkan bahasa dan budaya Indonesia.

Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP USK, Dr. Sanusi, M.Si menambahkan, kegiatan mahasiswa FKIP di sana dalam rangka mengajar anak-anak migran pekerja dari Indonesia di Malaysia.

“Ini bagian dari menumbuhkan cinta bahasa dan budaya Indonesia bagi anak-anak migran pekerja dari Indonesia. Kita bangga diberi kesempatan berkontribusi,” ucap Sanusi. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button