NewsPendidikan

Bripda Dolly Harumkan UIN Ar-Raniry di Ajang Internasional

Padang – Brigadir Dua (Bripda) Dolly Isma Indra harumkan nama Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh di ajang internasional.

Personel Ditsamapta Polda Aceh yang juga mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry, ini berhasil meraih juara dalam ajang Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) 30 Juz tingkat internasional di Seiba International Festival 2024.

Kompetisi ini digelar di UIN Imam Bonjol Padang dari 23 hingga 29 September 2024 dan diikuti oleh 20 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia serta perwakilan dari lima negara ASEAN, yaitu Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, dan Kamboja.

Selain prestasi Dolly, UIN Ar-Raniry juga berhasil membawa pulang tiga medali platinum, sembilan medali emas, dan empat medali perak dari berbagai cabang lomba.

Jejak prestasi Dolly dimulai sejak ia meraih juara 3 pada MTQ tingkat Kota Subulussalam di cabang Fahmil Quran tahun 2014.

Ia kemudian meraih juara 1 di cabang 20 Juz MTQ Kota Subulussalam tahun 2016, disusul dengan juara 1 di cabang 30 Juz tahun 2018. Pada MTQ tingkat provinsi Aceh Timur tahun 2017, Dolly meraih juara 3 di cabang Tafsir Bahasa Arab.

Pada tahun 2019, Dolly menjadi juara 1 di cabang Tafsir Bahasa Arab dan Hafalan 30 Juz MTQ Provinsi Aceh di Pidie, sekaligus mewakili Aceh pada STQ Nasional di Kalimantan Barat. Pada tahun yang sama, ia meraih juara 3 di Musabaqah Qiraatil Kutub tingkat provinsi Banda Aceh untuk cabang Hadis.

Pencapaian Dolly berlanjut pada MTQ Nasional 2020 di Sumatera Barat, di mana ia mewakili Aceh untuk cabang Tafsir Bahasa Arab dan Hafalan 30 Juz. Pada 2021, ia menjadi finalis Musabaqah Hifzil Quran Kedutaan Besar Arab Saudi tingkat nasional di Jakarta untuk cabang Hafalan 20 Juz.

Di tahun 2021, Dolly meraih juara 2 Musabaqah Fahmil Quran pada Pekan Kreativitas Mahasiswa se-Sumatera di UIN Imam Bonjol Padang. Pada tahun 2023, ia meraih juara 2 Olimpiade Quran Nasional Darul Quran Al Musthafa dan juara 2 di RRI Banda Aceh untuk cabang 15 Juz.

Prestasi terbarunya adalah juara 1 Musabaqah Hifzil Quran pada Pekan Kreativitas Mahasiswa se-Sumatera dan se-Asia Tenggara di UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi pada cabang 20 Juz. Ia juga meraih juara 1 MTQ Provinsi Aceh di Simelue pada 2 Desember 2023 untuk cabang Tafsir Arab dan Hafalan 30 Juz.

Berbagai pencapaian ini mengantarkan Dolly menerima penghargaan Pemuda Berprestasi Aceh 2023 dari Dispora Aceh serta Mahasiswa Berprestasi UIN Ar-Raniry. Terakhir, ia meraih juara 2 di RRI Banda Aceh pada cabang Tahfiz Quran pada Maret 2024 sebelum memenangkan juara MHQ 30 Juz di Seiba International Festival 2024. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button