NewsPolitik

KIP Ungkap Kisi-kisi Materi Debat Pilgub Aceh

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh memastikan debat kandidat gubernur dan wakil gubernur Aceh pada Pilgub 2024 akan berlangsung sebanyak tiga kali. Debat ini akan dilakukan dalam rentang waktu satu bulan sebelum memasuki masa tenang.

“Masa tenang akan dimulai tanggal 24 November, maka debat kandidat akan dimulai satu bulan sebelum ini,” kata Wakil Ketua KIP Aceh, Agusni AH saat coffee morning dengan wartawan di Banda Aceh, Selasa (8/10/2024).

Agusni menyebut saat ini KIP Aceh sedang membentuk tim perumus materi yang bertugas menggodok pertanyaan debat nantinya. Tim perumus ini berasal dari unsur akademisi, profesional dan masyarakat.

Pertanyaan-pertanyaan yang disusun tim perumus, kata Agusni, akan digunakan oleh tim panelis saat debat berlansung. Agusni belum tahu pasti apa saja materi pertanyaan yang disiapkan oleh tim perumus.

“Biasanya pertanyaannya pembangunan fisik dan non fisik. Untuk non fisik meliputi kesejahteraan, keagamaan, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, adat istiadat dan budaya,” ungkap Agusni.

Agusni berharap debat kandidat yang digelar KIP Aceh menjadi jembatan bagi masyarakat untuk mengetahui program-program yang diusung oleh pasangan calon.

“Dengan demikian, maka masyarakat dapat menentukan pilihannya saat hadi H nanti,” pungkasnya. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button