NewsPendidikan

Humas UIN Ar-Raniry Bekali Ilmu Jurnalistik untuk Peserta KPM

Banda Aceh – Sebanyak 640 peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Reguler UIN Ar-Raniry tahun akademik 2024/2025 mendapat pelatihan penulisan berita dari Tim Humas UIN Ar-Raniry.

Pelatihan yang digelar di Auditorium Prof Ali Hasjmy pada Selasa (8/10/2024), bertujuan untuk membekali para peserta dengan keterampilan jurnalistik dasar yang diperlukan selama pengabdian.

Nazarullah, anggota Tim Humas yang akrab disapa Nat Riwat, memaparkan materi terkait dasar-dasar menjadi reporter lapangan. Ia menekankan pentingnya peran seorang reporter dalam menyajikan informasi yang akurat dan relevan kepada masyarakat.

“Reporter harus mampu melakukan wawancara, mencari sumber kredibel, serta mengumpulkan data yang diperlukan untuk menghasilkan berita yang komprehensif,” ujar Nat Riwat.

Dalam pelatihan tersebut, Nat Riwat juga menjelaskan prinsip 5W+1H (Who, What, When, Where, Why, dan How) sebagai pedoman utama dalam menulis berita.

Pendiri UKM Pers Sumberpost UIN Ar-Raniry ini menambahkan bahwa kebiasaan membaca berita dari berbagai media menjadi kunci penting dalam memperkaya referensi dan kualitas tulisan.

Tak hanya teori, Nat Riwat juga memberikan panduan praktis terkait publikasi berita. Ia mengingatkan peserta untuk memeriksa ulang tulisan mereka guna menghindari kesalahan, serta mengirimkan berita yang telah dilengkapi dengan foto pendukung ke alamat email Humas UIN Ar-Raniry.

“Dengan keterampilan jurnalistik ini, para peserta tidak hanya diharapkan mampu melaporkan kegiatan KPM secara informatif, tetapi juga bisa mengembangkan kemampuan ini di masa depan,” tutup Nazarullah. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button