News

Dayah Ruhul Qurani Juara Umum Seleksi Tunas Ramadhan Aceh Barat

Aceh Barat – Dayah Ruhul Qurani berhasil meraih juara umum satu dan juara umum dua pada Seleksi Tunas Ramadhan (STR) ke-1 Se Kwartir Cabang Aceh Barat. Pengumuman juara ini dilangsungkan pada Penutupan STR ke-1 di Pendopo Bupati Aceh Barat, Sabtu (5/10/2024) pagi.

Acara penutupan ini dihadiri oleh Ketua Kwarda Aceh, yang diwakili oleh Wakil Ketua Hubungan Antar Lembaga yaitu Cut Bang Asrul Abbas.

Dalam kata sambutannya, Asrul Abbas mengatakan, dari seluruh Kwarcab di Aceh, baru kali ini diadakan STR untuk pertama kalinya.

“Semoga STR seperti ini bisa menjadi contoh yang bisa diikuti oleh Kwarcab lainnya yang ada di Aceh,” ujar Asrul Abbas dalam keterangannya, Minggu (6/10/2024).

STR ke-1 Aceh Barat ini diperlombakan semua cabang yang akan diperlombakan pada Musabaqah Tunas Ramadhan (MTR) nantinya, yang akan digelar pada Ramadhan tahun 2025.

Cabang-cabang ini adalah seperti lomba cabang Tilawah Al-Qur’an, Hifz Al-Qur’an 1 juzu’ dan Tilawah, Hifz Al’Qur’an 5 juzu’ dan Tilawah, Fahmil Quran, Syarhil Quran, dan Khattil Quran.

Dari seluruh cabang ini, maka Madrasah Aliyah Ruhul Qurani berhasil meraih juara umum pertama, dengan rincian tiga juara 1, dan lima juara 2.

Sementara Madrasah Tsanawiyah Ruhul Qurani berhasil meraih juara umum kedua, dengan rincian dua juara 1, satu juara 2, satu juara 3, dan dua juara harapan 1 dan 2.

Ketua Gugus Depan Pramuka Dayah Ruhul Qurani, Irna Safitri mengatakan juara umum ini merupakan salah satu hasil dari doa, ikhtiar, dan semangat juang dari para santri serta para guru di dayah setempat.

“Prestasi ini merupakan amanah yang harus dipikul dan dijaga, semoga membuahkan hasil yang baik pula pada MTR 2025 nanti,” ujarnya.

Direktur Lembaga Pengembangan Potensi (LPP) Dayah Ruhul Qurani, Lia Lisyati juga bersyukur atas capaian ini. Ia mengucapkan terimakasih banyak kepada para pelatih yang ada di LPP dayah tersebut.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada para pelatih yang ada di LPP Dayah Ruhul Qurani yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing dan bersungguh-sungguh dalam membina santri selama masa pembinaan,” katanya.

Pimpinan Dayah Ruhul Qurani, Kamil Syafruddin bersyukur kepada Allah atas anugerah yang diamanahkan kepada Dayah RQ. Ini merupakan juara umum pertama yang diraih oleh RQ selama mengikuti berbagai ajang perlombaan yang ada selama ini.

“Ini awal yang baik dan masih ada yang harus dihadapi kedepannya. Pesan kami kepada para santri agar jangan berpuas diri, tetap bersyukur dan tingkatkan ikhtiar lebih maksimal untuk menghadapi jenjang selanjutnya,” kata Syafruddin. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button