NewsPolitik

Pasangan AMAL Ingin Lanjutkan Beasiswa Santri di Aceh Selatan

Aceh Selatan – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan, Tengku Amran-Akmal AH (AMAL) akan menjadikan santri dan pendidikan dayah sebagai salah satu target pembangunan sumber daya manusia di kabupaten ini jika pasangan ini terpilih pada Pilkada 2024 mendatang.

Tengku Amran mengatakan program beasiswa santri tersebut merupakan program lanjutan dari periode sebelumnya ketika dia menjabat sebagai Bupati Aceh Selatan periode 2018-2023.

“Sudah sejak tahun 2021 kita memberikan beasiswa kepada santri di Aceh Selatan. Alhamdulillah sekarang diikuti oleh banyak kabupaten dan kota lain yang ada di Aceh. Ke depan akan kita tingkatkan semaksimal mungkin,” kata Tengku Amran, Rabu (2/10/2024).

Dia menjelaskan, program beasiswa kepada santri di Aceh Selatan sudah dimasukkan ke dalam visi misi Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Pasangan AMAL pada Pilkada Aceh Selatan Tahun 2024 dan menjadi salah satu program strategis yang utama.

Dia mengatakan, beasiswa tersebut akan diberikan kepada santri Aceh Selatan yang sedang menempuh pendidikan di lembaga pendidikan agama, baik yang berada di Aceh Selatan maupun yang berada di luar Aceh Selatan.

Selain itu, beasiswa penuh juga akan diberikan kepada santri Aceh Selatan yang akan melanjutkan pendidikan agama ke perguruan tinggi, baik yang ada di Aceh, di seluruh Indonesia, maupun di luar negeri.

“Ke depan, kita akan membangun hubungan dengan lembaga pendidikan agama yang ada di timur tengah, seperti Universitas Al Azhar di Mesir,” kata Tengku Amran.

“Kita ingin mengulang sejarah, bahwa Aceh Selatan ini tanahnya para ulama dan banyak memproduksi ulama-ulama besar yang ada di Aceh dan di Asia Tenggara.”

Mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini mengatakan pada periode pemerintahan dia sebelumnya, ada 4.135 santri asal Aceh Selatan yang telah menerima beasiswa.

Dengan adanya beasiswa, kata dia, para santri bisa menyelesaikan pendidikan di dayah dan perguruan tinggi sehingga bisa berperan aktif dalam pembangunan masyarakat dan juga Kabupaten Aceh Selatan.

“Kita menginginkan masa depan Aceh Selatan dipenuhi dengan generasi yang islami dan berwibawa,” kata dia. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button