News

Kunker ke Sabang, Ketua Umum TP-PKK Pusat Sambangi Posyandu Balohan

Sabang – Ketua Umum TP-PKK Pusat yang merupakan istri Menteri Dalam Negeri, Tri Suswati Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Kota Sabang.

Kunker ini disambut hangat Pj Wali Kota Sabang Andri Nourman yang turut hadir menjemput Ibu Tri Suswati Tito Karnavian, bersama Pj Ketua TP-PKK Kota Sabang Zikri Hayati, di Pelabuhan Balohan, Senin (30/9/2024).

Selanjutnya Ibu Tri Suswati melanjutkan kegiatan dengan menyambangi posyandu Cempala Gampong Balohan, guna melakukan peninjauan.

Pada kegiatan yang berlangsung di Balai Adat Gampong Balohan itu, Ketua Umum TP-PKK Pusat melakukan peninjauan pemberian makan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita stunting, menyerahkan telur kepada 40 balita stunting, serta meninjau Layanan Kesehatan Gratis (layanan kesehatan ibu, anak dan lansia).

Dalam arahannya, Ketua Umum TP-PKK sekaligus Ketua Umum Pembina Posyandu, Tri Suswati Tito Karnavian mengatakan tujuannya ke Kota Sabang adalah untuk memberikan semangat kepada seluruh kader-kader PKK dan posyandu se-Indonesia, yang telah bekerja keras dalam menjalankan, menyukseskan dan mempercepat 10 program pokok PKK agar sampai ke masyarakat.

Ia turut mengapresiasi para kader PKK Gampong Balohan yang telah bekerja keras, dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga maupun kesehatan masyarakat.

“Posyandu atau pos pelayanan terpadu untuk masyarakat ada banyak sekali, tidak hanya kesehatan. Oleh sebab itu, kami di pusat bersama-sama dengan tim dari Subdit Posyandu dan ibu Ketua Pembina Posyandu, serta sekretaris-sekretaris umum posyandu di pusat, telah menggodok agar posyandu ini bisa melayani lebih luas lagi, tidak hanya kesehatan,” kata Tri Suswati.

Oleh sebab itu, melalui Permendagri No. 13 tahun 2024 yang disahkan 23 Agustus 2024, pelayanan posyandu diperluas menjadi 6 Standar Pelayanan Masyarakat (SPM), meliputi kesehatan, pendidikan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, sosial, dan keamanan.

Lebih lanjut dikatakan, 6 SPM ini juga akan bersanding dan selaras dengan 10 program pokok PKK. Dimana seluruh program tersebut memiliki satu tujuan utama yakni mewujudkan pelayanan dan menggerakkan percepatan program pembangunan pemerintah.

“Mudah-mudahan kegiatan kami ini bisa menjadi contoh kepada personel-personel lain dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya. Saya mengucapkan terima kasih Sekali kepada Ibu Ketua Pj PKK Provinsi Aceh dan Kota Sabang, juga kepada bapak-bapak dan pihak-pihak lainnya, bahwa kegiatan ini pastilah ujungnya adalah untuk kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Keuchik Gampong Balohan, Rusli mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada ibu Ketua Umum TP-PKK Pusat, sekaligus menyampaikan apresiasi kepada ibu-ibu PKK dan kader Posyandu Gampong Balohan yang telah bekerja keras.

“Kami juga berterima kasih kepada TP-PKK Aceh yang telah memberi bantuan PMT untuk balita stunting di Gampong Balohan melalui RGG dan juga Kemenkes RI melalui Puskesmas Sukajaya Sabang,” tutupnya. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button