NewsOlahraga

Cerita Yesni Luik Selama di Aceh: Datang dengan Kekhawatiran, Pulang Menangis

Banda Aceh – Yesni Luik tak bisa menyembunyikan rasa harunya ketika menjawab pertanyaan moderator mengenai pesan dan kesannya selama mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di wilayah Aceh.

“Jujur kami datang dengan kekhawatiran, kemungkinan kami akan pulang dengan menangis, karena Aceh luar biasa,” kata Yesni Luik dalam konferensi pers di Media Center PON XXI wilayah Aceh, Banda Aceh, Jumat (20/9/2024).

Temu pers kali ini mengusung topik “Kenangan Indah Melampaui ekspektasi PON XXI Aceh-Sumut 2024”. Dalam paparannya, Pelatih Kempo asal kontingen Nusa Tenggara Timur (NTT) itu awalnya sempat khawatir dengan kondisi Aceh.

“Saat persiapan ke PON, yang terusik di kepala kami adalah kita akan ke Aceh, di mana kearifan lokal, nuansa agamanya begitu kental di ajaran muslim, dan itu menjadi kekhawatiran kami, karena jujur, cara berpakaian, tingkah laku dan lain-lain kami di Indonesia timur sangat berbeda,” katanya.

Namun, kata Yesni Luik, begitu tiba di Aceh stigma tersebut terbantahkan. Yusni Luik merasakan sendiri bagaimana sambutan luar biasa bagi masyarakat Aceh, tanpa melihat suku, ras dan agama.

“Sambutan masyarakat Aceh luar biasa, toleransinya cukup tinggi, begitu sampai kami khawatir tentang pakaian, tetapi ketika kami berlatih di pagi hari, ternyata masyarakat melihat kami tidak seperti orang asing, sehingga sampai hari ini kami bisa bertanding dengan aman dan nyaman tanpa gesekan apapun,” ucap Yesni Luik.

Pada kesempatan itu, Yesni Luik juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi mendalam kepada seluruh masyarakat Aceh atas sambutannya di event olahraga empat tahunan itu.

Yesni Luik menekankan bahwa slogan Peumulia Jamee yang digaungkan Aceh bukan sekadar kata-kata, tetapi nyata dalam setiap interaksi yang ia alami.

“Slogan atau tagline untuk memuliakan tamu ternyata bukan hanya slogan, itu terbukti,” tutur Yesni Luik.

Dia berharap, apa yang telah dipelajari selama di Aceh dapat diterapkan untuk menjadikan PON 2028 lebih baik, apalagi NTT bersama NTB bakal menjadi tuan rumah ajang olahraga empat tahunan itu.

“Ini PR bagi kami NTT dan mewakili teman-teman kami di NTB di mana kami akan menjadi tuan rumah PON tahun 2028, semoga apa yang sudah kami dapat di sini, apa yang sudah diajarkan saudara di Aceh bisa kami laksanakan agar PON 2028 nanti lebih baik dari sekarang,” pungkasnya. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button