NewsOlahraga

Penyambutan Api PON XXI di Bener Meriah Benar-benar Meriah 

Bener Meriah – Api PON XXI Aceh-Sumut akhirnya tiba di Kabupaten Bener Meriah. Di daerah yang dijuluki negeri atas awan tersebut, penyambutan obor api PON benar-benar meriah pada Rabu (4/9/2024) pagi.

Bener Meriah merupakan daerah ke-19 yang disinggahi oleh Tim Kirab Api PON XXI. M Gazali didapuk sebagai pembawa Obor Api PON XXI.

M Gazali merupakan Atlet Legenda Cabang Olahraga Marathon kabupaten penghasil kopi itu menebar senyum ramah pada ribuan masyarakat yang antusias menyambut di tepian jalan. Sementara itu, 20 anggota Tim Kirab mengiringi di sisi M Gazali.

Tiba di Lapangan Upacara, M Gazali menyerahkan Obor Api PON XXI kepada Penjabat Bupati Bener Meriah Mohd Tanwier, selaku Pembina Upacara yang telah menantinya di Panggung Kehormatan.

M Gazali merupakan peraih Juara Lertama pada Lari Marathon 17 Km yang diselenggarakan oleh Semen Andalas. Selain itu, M Gazali juga pernahbberpartisilasi lada Lomba Juang Lari 17 KM dan 45 KM di Jakarta, pada tahun 1991 dan 1995 silam.

Pria kelahiran Aceh Tengah pada 16 Juni 1970 itu juga pernah meraih Juara 3 Marathon 10 Km di POR SGO se-Sumatera serta Juara 2 Porda Meulaboh.

Sebahagian masyarakat di luar Dataran Tinggi Gayo mungkin mengartikan Bener Meriah sebagai sesuatu yang berkaitan dengan ungkapan kemeriahan. Namun, berdasarkan data di laman resmi Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, kata Bener Meriah diambil dari nama salah satu nama Putra Raja Linge XIII, Beuner Meuria.

Selain itu, Bener Meriah juga merupakan perpaduan dua kata, yaitu Bener (Bahasa Gayo) yang berati bagus dan Indah serta kata Meriah (Bahasa Indonesia) yang berarti kebesaran dan kemuliaan.

Apapun itu, namun suasana penyambutan di Kabupaten Bener Meriah memang sungguh meriah, benar-benar meriah. Harmoni indah yang dihasilkan melalui berbagai alat musik yang dimainkan oleh anggota marching band, serta persembahan Tari Guel, menambah kesan khidmad dan semaraknya penyambutan Api PON XXI di Bener Meriah.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh Akkar Arafat, selaku Ketua Bidang Upacara PB PON XXI 2024 Aceh-Sumut wilah Aceh, mengapresiasi antusiasme masyarakat saat menyambut Tim Kirab Api PON XXI serta para legenda olahraga yang turut berpartisipasi.

“Bapak Safrizal selaku Gubernur Aceh dan kami di PB PON XXI Aceh, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat atas sambutan yang luar biasa pada setiap ketibaan Tim Kirab Api PON di setiap kabupaten dan kota. Hal ini menjadi suntikan semangat bagi kami untuk menyukseskan penyelenggaraan PON XXI,” ujar Akkar.

Apresiasi yang tinggi juga disampaikan pada para legenda olahraga Aceh, yang telah bersedia berpartisipasi pada kegiatan ini.

“Insya Allah, prestasi para legenda menginspirasi kami agar bekerja lebih baik lagi, serta menginspirasi para atlet yang tergabung dalam Kontingen PON XXI Aceh, untuk tampil maksimal dan mempersembahkan yang terbaik bagi Bumi Serambi Mekah,” imbuh Akkar.

Upacara penyambutan Kirab Api PON XXI yang dihadiri oleh unsur Forkopimda dan pejabat Bener Meriah itu diikuti oleh unsur Aparatur Sipik Negara, TNI, Polri serta Organisasi Kepemudaan dan organisasi Massa di kabupaten tersebut. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button