NewsPendidikan

Dua Wisudawan USK Lulus Tanpa Skripsi

Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh melalui Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas meluluskan sebanyak 2.353 wisudawan sarjana, magister, doktor, profesi, spesialis, sub spesialis, sarjana terapan dan diploma untuk periode Mei – Juli 2024 di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Rabu (21/8/2024).

Dari jumlah wisudawan tersebut, sebanyak 959 orang berhasil lulus dengan predikat pujian atau cumlaude. Setelah upacara wisuda ke-162 ini, maka jumlah alumni USK telah mencapai 160.090 orang.

Rektor USK Prof Marwan dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan USK tersebut. Dirinya menilai, wisuda kali ini juga terasa istimewa karena USK kembali meluluskan dua orang wisudawan tanpa harus mengerjakan skripsi.

Kedua orang wisudawan tersebut adalah Marini Koto dari Program Studi Ilmu Komunikasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Lalu Yanma Aditya Pratama dari Program Studi Ilmu Hukum di Fakultas Hukum. Kedua alumni USK ini berhasil menuliskan jurnal ilmiah bereputasi internasional sehingga mereka mendapatkan apresiasi dari Universitas untuk tidak mengerjakan tugas akhir atau skripsi.

Selanjutnya, pada wisuda kali ini pula USK kembali meluluskan dua wisudawan asing yaitu dari Thailand. Mereka adalah Suwaibah Maduereh dan Nuraihan Lateh yang keduanya berasal dari Program Studi Pendidikan Dokter.

“Alhamdulillah, semua ini menunjukkan bahwa USK terus berkembang baik dari sisi pendidikan maupun pembelajaran. Kami ucapkan selamat kepada wisudawan, kami harap keilmuan kalian bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Rektor.

Pada kesempatan itu, Rektor mengatakan kita baru saja merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79. Sebuah momen yang penuh dengan makna, di mana kita semua diingatkan betapa besarnya perjuangan para pahlawan bangsa untuk meraih kemerdekaan yang kita nikmati saat ini.

“Momentum kemerdekaan bukan sekadar sebuah perayaan, tetapi juga sebuah refleksi bagi kita semua tentang pentingnya menjaga, mengisi, dan memperjuangkan kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Rektor.

Untuk itulah, sebagai sebuah institusi pendidikan, USK terus bertransformasi dalam mengisi semangat juang kemerdekaan. Oleh sebab itu, Rektor berharap para wisudawan hari ini dapat memanfaatkan semua bekal kompetensi yang telah kalian miliki tersebut, untuk menjadi bagian dalam pembangunan bangsa. Apapun profesi dan posisi mereka nantinya,

Rektor berharap kehadiran mereka tetap mampu memberi kontribusi positif bagi orang-orang sekitar.

“Untuk itulah, kami mengingatkan saudara sekalian tidak cepat berpuas diri dengan ilmu yang telah didapat hari ini. Tapi teruslah belajar, tingkatkan terus kompetensi agar setiap harinya saudara dapat menjadi lebih baik sehingga bisa lebih luas kiprahnya di masyarakat,” pesan Rektor. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button