NewsPendidikan

Enam Santri Dayah Insan Qur’ani Lolos Seleksi Beasiswa Berprestasi

Aceh Besar – Sebanyak 6 santri Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar berhasil terpilih sebagai penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dari Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2024. Hasil seleksi PBSB ini diumumkan pada 12 Agustus 2024, melalui akun masing-masing pendaftar.

“Alhamdulillah ada enam santri Dayah IQ tahun ini yang lolos seleksi beasiswa santri berprestasi, kita bersyukur dan bangga atas pencapaian mereka. Selamat dan sukses melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya,” ujar Pimpinan Dayah IQ, Muzakkir, Kamis (15/8/2024).

Keenam santri tersebut adalah Tina Faradisa, Syarifah Khaira Amalia lulus pada program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

Kemudian Lubna Azka Syakira lulus pada jurusan kedokteran dan profesi dokter Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Raidah Syahira Maliha lulus pada jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Berikutnya, Naila Adilla dan Nurul Izzatil Anwar keduanya lulus pada jurusan Psikologi UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

“Selain program Sarjana (S1) ada beberapa alumni IQ yang mengikuti program ini,” katanya.

Enam Santri Dayah Insan Qur’ani Lolos Seleksi Beasiswa Berprestasi

Para santri ini terpilih bersama 834 santri lainnya dari ribuan santri yang mendaftar dari berbagai pesantren di Indonesia.

Muzakkir menyadari tidak mudah menembus PBSB ini, karena sejumlah santri terbaik dari seluruh provinsi bersaing untuk bisa mendapatkan beasiswa bergengsi itu.

“Artinya, anak-anak kita yang lulus ini diakui secara nasional termasuk di antara santri terbaik Indonesia. Selamat kepada anak-anak kami. Doa dan ridha kami menyertai ananda semua,” ujar Ust. Muzakkir

Ia juga menyampaikan, tahun ini jumlah santri yang lulus meningkat dari tahun 2023, yaitu 4 santri, dan saat ini sedang menjalani studinya di kampus masing-masing.

“Semoga dengan keberhasilan ini menjadi motivasi bagi adik-adik santri yang sedang menuntut ilmu agar lebih giat lagi belajar, sehingga juga bisa mengikuti jejak seniornya,” kata Muzakkir

Seperti diketahui, PBSB merupakan program rutin Kemenag RI yang telah diselenggarakan sejak 2005. Program ini menjadi salah satu andalan Ditjen Pendidikan Islam dalam mengembangkan potensi santri di seluruh Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai perguruan tinggi terkemuka. Sejak 2023, PBSB bersumber dari Dana Abadi Pesantren.

PBSB memberi kesempatan kepada para santri untuk kuliah di berbagai program studi pada perguruan tinggi favorit. Melalui PBSB, banyak santri yang menjadi dokter, insinyur di berbagai bidang teknik, ahli komputer, psikolog, guru, dosen, dan keahlian lainnya. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button