News

Peringati Harkitnas ke-116, Kemenag Abes Ziarah ke Dua Makam Pejuang Aceh

Aceh Besar – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar melakukan ziarah ke dua makam pejuang Aceh, yakni Tgk Chik di Tiro di Meureu Indrapuri dan Panglima Polem di Gampong Lamsie, Kecamatan Kuta Cot Glie pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116, Senin (20/5/2024).

Ziarah dan doa bersama tersebut merupakan rangkaian dari acara peringatan Harkitnas yang dilaksanakan oleh Kemenag Aceh Besar. Sebelum ziarah, pihaknya terlebih dulu menggelar upacara di komplek MTsN 1 Aceh Besar di Indrapuri.

Di sela-sela ziarah tersebut, pihaknya juga menghadirkan Teungku Hanif, khadam makam pahlawan nasional tersebut untuk memaparkan sejarah perjuangan Teungku Chik Di Tiro.

Saifuddin mengatakan, ziarah ke makam pahlawan nasional tersebut untuk menumbuh kembangkan semangat nasionlisme dengan mempelajari sejarah para pahlawan nasional.

“Semoga kita bisa belajar banyak dari sosok pahlawan dan juga ulama besar yang telah berjuang melawan penjajah serta peran besar mereka dalam menyebarkan ajaran Islam di Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam upacara bendera di MTsN Indrapuri, Saifuddin mengajak ASN Kemenag Aceh Besar untuk memaknai Harkitnas sebagai momentum untuk memperbarui semangat dalam berkerja dan kolaborasi dan sebagai warisan untuk membawa kejayaan Kementerian Agama menjadi lebih baik ke depan.

“Mari kita maknai peringatan hari kebangkitan nasional sebagai hijrah, hijrah dari yang baik tinggalkan yang tidak baik. ASN Kemenag Aceh Besar harus bangkit untuk Indonesia emas dalam hal menjalankan visi misi Kementerian Agama,” ujar Saifuddin.

Harkitnas ke-116 dipusatkan di MTsN 1 Aceh Besar di Kecamatan Indrapuri. Peringatan Harkitnas jajaran Kemenag Aceh Besar ini diikuti pejabat jajaran Kemenag Aceh Besar, para ASN, kepala KUA, kepala madrasah, para guru, dan siswa madrasah. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button