News

Pj Bupati Aceh Singkil Panen Cabai Perdana di Gunung Lagan

Aceh Singkil – Pj Bupati Aceh Singkil, Azmi melakukan panen cabai perdana di Dusun 4 Lae Ijuk, Desa Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah, kabupaten setempat, Selasa (30/1/2024).

Dalam arahannya, Azmi mengapresiasi masyarakat milenial lulusan Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh yang bekerja sama dengan kelompok tani Muara Tani, sehingga ikut berkontribusi di bawah bimbingan Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Singkil.

“Kita wajib memberikan contoh kepada masyarakat Aceh Singkil tentang pentingnya bertani, agar kita tidak mendapat harga cabai yang mahal atau harga yang melonjak,” kata Azmi, didampingi Kajari Aceh Singkil, Munandar dan Kepala Inspektorat Aceh Singkil, M Hilal.

Azmi mengajak semua pihak untuk terus galakkan menanam, baik cabai maupun bawang merah. Ini agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan cabai dan bawang merah, dengan harga yang terjangkau pula.

“Tentunya kita mengimbau kepada masyarakat Aceh Singkil, mari kita galakkan pertanian di kabupaten Aceh Singkil, karena bertani itu berkah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Aceh Singkil, Kuatno menjelaskan sekilas profil kelompok tani di Desa Gunung Lagan.

“Ini ada satu Desa di Gunung Lagan Dusun Empat Lae Ijuk, nama kelompok taninya Muara Tani yang diketuai oleh D. Sianturi,” katanya.

Ia menjelaskan, petani pelaksana dalam kelompok tersebut adalah milenial yaitu mahasiswa pasca sarjana USK yang ikut berkontribusi dalam pengembangan, menanam cabai merah di Desa Gunung Lagan.

“Luas lahan yang dikelola adalah 2500 m persegi, jumlah komoditi 4000 batang cabai merah yang ditargetkan akan ditanam di lokasi tersebut, dan insyaAllah akan memproduksi 3 ton cabai saat panen nantinya. Dalam hitungan kerja 95 hari kita sudah bisa panen,” jelas Kuatno. []

Reporter: Irfan

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button