News

FKUB Aceh Tamiang Kunjungi Aceh Singkil, Lihat Kerukunan Umat Beragama

Aceh Singkil – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Aceh Tamiang mengunjungi Aceh Singkil untuk melihat kerukunan umat beragama di daerah tersebut, Rabu (11/10/2023).

Kepala Kankemenag Aceh Tamiang H Fadli, S.Ag mengatakan, kunjungan kerja ini bertujuan untuk mempelajari kiat-kiat FKUB Aceh Singkil dalam menjaga kerukunan umat beragama.

“Selain bersilaturahmi, kami juga ingin mengetahui bagaimana kiat-kiat menjaga kerukunan umat beragama di Aceh Singkil sebagai daerah perbatasan yang masyarakatnya majemuk,” tuturnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Aceh Singkil H. Saifuddin mengatakan, ini merupakan kesempatan yang baikdapat saling berbagi pengalaman dalam membina umat beragama.

“Terlebih Aceh Singkil memiliki heterogenitas yang tinggi dibandingkan kabupaten Aceh Tamiang, dan kedua kabupaten ini sama sama terletak di daerah perbatasan tentunya sangat baik jika saling sharing pengalaman tentang kerukunan umat beragama,” katanya di Aula PLHUT Kankemenag Aceh Singkil, Rabu (11/10/2023).

Saifuddin berharap dengan adanya FKUB ini semua permasalahan umat beragama yang ada di Aceh Singkil bisa terselesaikan dengan baik. selain itu juga Saifuddin berharap bersama untuk menjaga kerukunan umat dengan mengedepankan toleransi dan moderasi beragama.

“Atas nama Kantor Kemenag Kab Aceh Singkil maupun FKUB Kabupaten Aceh Singkil saya mengucapkan selamat datang, semoga melalui acara ini kita dapat berbagi pengalaman khususnya terkait bagaimana mengelola kerukunan umat beragama,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Saifuddin mengatakan kerukunan umat beragama di Singkil sangat baik. Ia juga menceritakan kampung moderasi di Aceh Singkil, yaitu Desa Kain Golong, Kecamatan Simpang Kanan, adalah contoh nyata tentang bagaimana masyarakat yang beragam etnis dan agama hidup berdampingan dengan harmonis.

Penduduknya hidup dalam kerukunan, saling menghormati dan mendukung satu sama lain. Pengalaman ini memberikan pesan yang kuat tentang pentingnya perdamaian dan toleransi dalam membangun masyarakat yang inklusif dan harmonis.

Sementara itu, Ketua FKUB Aceh Singkil H. Drs. Ramlan mengatakan, kerukunan umat beragama di Aceh Singkil  tidak terlepas dari koordinasi yang baik antara FKUB, pemerintah daerah, Kemenag dan organisasi keagamaan.

“Sekecil apapun permasalahan (kerukunan) yang muncul, kami senantiasa berkoordinasi dengan Pemda, Kemenag dan ormas-ormas yang ada di Aceh Singkil,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan Kunjungan kerja FKUB Kabupaten Aceh Tamiang, PJ. Sekda Aceh Singkil Ahmad Rifai, Ketua MPU Kab. Aceh Singkil H. Roesman, dan para tokoh Agama. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button