News

FK USK Buka Program Kelas Internasional

Banda Aceh – Bulan September 2023 ini Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) resmi memulai program baru, yang diberi nama the International Bachelor Degree in Medicine (IBM). IBM adalah program bagi mahasiswa strata 1 yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Dokter.

“IBM didirikan untuk mewujudkan keinginan USK demi internasionalisasi pendidikan dokter di universitas ini,” kata Dekan FK USK, Maimun Syukri, Rabu (4/10/2023).

Hal ini dinilai penting, untuk merespon keinginan dari berbagai pihak, termasuk alumni, orangtua mahasiswa, dan lembaga akreditasi, agar lulusan dari FK USK dapat bekerja di negeri-negara di luar negeri.

Selama ini telah banyak mahasiswa FK USK yang berasal dari luar negeri, seperti Thailand, Korea, Vietnam, Yaman, dan lain-lain. Tentu mereka menginginkan agar ada peningkatan standar pendidikan di USK, hingga sesuai dengan standar World Federation of Medical Education (WFME), sehingga kompetensi mereka dapat diterima di berbagai negara.

“Saat ini program IBM diikuti oleh 13 mahasiswa: 5 mahasiswa dari Thailand, 1 dari Pakistan, 7 dari Indonesia,” ungkapnya.

Mereka tergabung dalam satu kelas kecil. Bahasa pengantar dalam pembelajaran adalah Bahasa Inggris. Pengalaman international akan mereka dapatkan saat semester 5 dengan belajar selama 3-6 bulan di universitas di luar negeri yang memiliki.

Kurikulum program IBM sama persis seperti kurikulum pada program reguler dan akan berlangsung selama 7 semester. Kurikulum 2021 ini dirancang untuk mencapai profil lulusan sebagai dokter muda, peneliti, manajer fasilitas pelayanan kesehatan, dosen, dan manajer bencana.

Metode pembelajaran yang digunakan sangat beragam, misalnya kuliah, praktikum, discovery learning, latihan keterampilan klinis, early patient encounters, dan riset. Jika mereka lulus tepat waktu maka mereka akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked) atau Medicinae Baccalaureus (MB).

Saat ini mahasiswa tidak membayar biaya khusus untuk bergabung pada program IBM ini, namun mahasiswa diwajibkan untuk membiayai sendiri pengalaman internasional mereka. Untuk informasi selanjutnya tentang program internasional ini, Anda dapat menghubungi int.fk@usk.ac.id atau website fk.unsyiah@usk.ac.id. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button