News

Kakankemenag Kukuhkan Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid se-Aceh Singkil

Aceh Singkil – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, Saifuddin melantik pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kabupaten Aceh Singkil periode 2023-2027.

Kegiatan ini berlangsung di aula gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kemenag setempat, Senin (14/8/2023).

Saifuddin mengatakan, usai dilantik, pengurus BKM Aceh Singkil memiliki semangat baru dalam mengembangkan fungsi masjid sebagai pusat spiritual dan sosial yang mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

“Badan Kemakmuran Masjid umumnya bersifat internal dan hanya mengurus Masjid di mana tempatnya bertugas (menjadi pengurus) sedangkan Badan Kesejahteraan Masjid yang di kukuhkan hari ini lebih bersifat mengkoordinir Masjid-masjid dan tempat ibadah Muslim lainnya yang berada di wilayah tempatnya bertugas (menjadi Pengurus). Badan Kesejahteraan Masjid tidak menggangu Struktur Kepengurusan Badan Kemakmuran Masjid,” ujarnya.

Ia berharap para pengurus BKM yang baru menjadi garda terdepan dalam menjalankan program-program kesejahteraan dan pendidikan bagi masyarakat yang lebih luas.

“Tidak ada dualismme kepengurusan BKM yang sudah ada, karena mempunyai tupoksi yang berbeda, yang terpenting adalah sinergi bersama untuk mengembalikan fungsi Masjid yang sesungguhnya,” katanya.

Saifuddin juga mengatakan, ke depannya akan diadakan pembinaan-pembinaan kepada pengurus BKM yang telah dikukuhkan baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan. Dalam arahannya juga Saifuddin menekankan supaya masjid jangan dijadikan tempat kampanye.

“Jangan sampai di tahun politik ini masjid di jadikan tempat kampanye,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Singkil, Azmi menyampaikan, semakin banyaknya organisasi kemasjidan apakah itu BKM yang dari Kemenag atau dari Dewan Kemakmuran Masjid dari DMI maupun BKM internal masjid.

“Ini merupakan suatu yang patut kita syukuri karena dengan demikian makin banyak umat yang memikirkan masjid,” ujarnya.

Turut Hadir pada acara pengukuhan tersebut, Suhardiman, Kasi Bimas Islam Kota Subulusslam, anggota DPRK Aceh Singkil Ramli Boga, Fairuz Ahyar dan sejumlah tokoh Agama di Kabupaten Aceh Singkil. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button