NewsPendidikan

SLB TNCC Isi Ramadan 1444 H dengan Pesantren Kilat

Banda Aceh – Sekolah Luar Biasa (SLB) TNCC Banda Aceh mengisi Ramadan 1444 H dengan pesantren kilat yang berlangsung di sekolah tersebut, 3-14 April 2023.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta didik SLB TNCC dan dimulai pukul 08.30-11.00 WIB itu diawali dengan pembacaan Asmaul Husna oleh seluruh peserta didik dan guru.

Lalu dilanjutkan dengan sebelum beberapa materi pembelajaran seperti wudhu, shalat dhuha, dzikir, doa, membaca surah pendek, membaca iqra’, menonton film Islami dan menyanyikan lagu Islami.

Rangkaian kegiatan pesantren kilat juga diisi dengan kegiatan lomba Islami yang dilaksanakan pada Kamis, 6 April 2023. Beberapa cabang lomba yang diselenggarakan yaitu hafalan surah pendek dan doa sehari-hari, azan dan iqamah, membaca iqra’, praktek sholat serta lomba cerdas cermat.

Cerdas cermat merupakan cabang lomba baru yang perdana diselenggarakan di tahun ini untuk peserta didik kelas VI – VIII SLB TNCC. Perlombaan berjalan dengan lancar dan meriah serta menguji pemahaman materi agama yang telah dipelajari selama di SLB TNCC dan melatih kemampuan kerja kelompok yang merupakan hal yang sulit bagi para siswa istimewa.

Para siswa tampak antusias dan mengikuti prosedur cerdas cermat dengan kooperatif baik pada babak penyisihan maupun final.

Kepala SLB TNCC, Ria Hidayati, Selasa (11/4/2023) menyampaikan bahwa selaku sekolah penggerak, SLB TNCC menjaga konsistensi program Ramadan ini dan diisi dengan kegiatan yang inovatif tiap tahunnya agar semakin memenuhi kebutuhan siswa istimewa.

Penerapan ilmu agama dalam keseharian, kata dia, juga menjadi poin penting untuk mengasah diri anak menjadi insan yang berkarakter positif baik di rumah maupun di sekolah sehingga bisa mencapai kesejahteraan siswa (student well being).

Selain perlombaan Islami, SLB TNCC juga rutin mengadakan acara buka puasa bersama yang mengakomodir seluruh warga SLB TNCC baik secara internal.

“Seperti pihak yayasan rumah kita Indonesia, pengurus komite sekolah, wali murid dan dewan guru, maupun eksternal seperti pihak Gampong dan para mitra kerja,” katanya. []

Reporter: Liwaul Hamdi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button