News

Ratusan Santri Dayah Insan Qurani Ikut Daurah Al Quran Selama Ramadhan

Banda Aceh – Pimpinan Dayah Insan Qurani, Muzakkir Zulkifli, membuka secara resmi kegiatan Daurah Al-Qur’an Ramadhan ke-VI pada Senin sore (27/3/2023) di halaman Sahah Madrasah setempat.

Program ini merupakan agenda rutin tahunan Dayah Insan Qur’ani yang bersifat wajib bagi santri kelas 5 dan dianjurkan bagi seluruh santri. Kegiatan ini diagendakan akan berlangsung hingga 20 Ramadhan mendatang.

Dalam tausiahnya, Ust Muzakkir berpesan kepada seluruh peserta daurah agar fokus bersama Al-Qur’an selama dua minggu ke depan. Menurutnya, fokus yang baik sangat diperlukan untuk mencapai target hafalan yang maksimal, terlebih jika ingin khatam 30 Juz.

“Terkhusus kepada santri kelas 5 dan 6, setelah Ramadhan akan padat dengan berbagai kegiatan keorganisasian dan wisuda kelulusan. Maka maksimalkan Ramadhan kali ini untuk mengejar target hafalan serta melancarkannya,” ujarnya.

Dia juga berpesan agar para peserta menjauhi segala kegiatan yang merusak konsentrasi kepada Al-Qur’an dan disiplin dayah. Seperti membawa gadget, alat elektronik, serta merokok dalam lingkungan dayah.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa nilai kemuliaan Ramadhan ini harus betul-betul diresapi dan diamalkan dengan sungguh-sungguh setiap harinya. Terutama kedekatan terhadap Al-Qur’an yang menjadi kewajiban setiap muslim, di samping juga melakukan kegiatan bermanfaat lain di dayah.

“Sehingga bulan Ramadhan dapat dilalui dengan penuh ibadah dan kegiatan positif oleh santri,” kata Muzakir.

Untuk itu, Ust. Muzakkir berharap santri dapat mengatur waktunya dengan baik, termasuk waktu istirahatnya.

“Karena semuanya harus didukung dengan kekuatan fisik dan kekuatan rohani yang prima,” ujar Muzakir.

Sementara, Ketua Panitia Daurah Ramadhan VI, Faris Ammar menyampaikan jumlah total peserta daurah tahun ini mencapai 495 santri dan 11 orang peserta umum yang akan ditempatkan di beberapa asrama yang sudah ditentukan.

“Selama daurah, para peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok halaqah agar proses setoran serta murajaah menjadi lebih tertib dan efisien. Kegiatan peserta pada daurah kali ini akan dipusatkan di Masjid mulai dari bakda Subuh sampai usai pelaksanaan shalat Zuhur. Dan selanjutnya akan difokuskan pada mengaji mandiri serta ibadah Tarawih,” lanjutnya. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button