News

Trauma Gajah Mengamuk, Puluhan Warga Aceh Tengah Tinggalkan Rumah

Banda Aceh – Puluhan warga Kampung Kekuyang, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, meninggalkan rumah pasca mengamuknya gajah di perkebunan desa tersebut pada Minggu (5/2/2023).

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebut ada 80 warga dari 30 keluarga yang memilih meninggalkan rumah. Mereka kemudian menempati tenda pengungsian yang disediakan oleh BPBD dan Dinsos Aceh Tengah.

“80 warga dari 30 keluarga mengungsi pasca amukan gajah, mereka trauma dengan kejadian itu,” kata Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas dalam keterangannya, Selasa (7/2/2023).

Sebelumnya, tiga warga menjadi korban amukan gajah liar di Kampung Kekuyang, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (5/2/2023) sekira pukul 14.30 WIB. Satu di antaranya atas nama Sufri (40), warga Bener Meriah, meninggal dunia.

Sementara dua korban lainnya masing-masing Miswan (56), warga Medan dan Safar (35), warga Aceh Tengah, mengalami luka-luka.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tengah, Andalika dalam keterangannya, Minggu (5/2/2023) malam mengatakan, kejadian berawal saat para korban berangkat ke kebun.

Para pekebun ini kemudian berpapasan dengan gajah tersebut. Tiba-tiba, satwa dilindungi itu mengejar para korban, sehingga mereka kocar-kacir untuk menyelamatkan diri.

“Setelah keadaan tenang baru diketahui, bahwa ada korban jiwa 1 orang dan 2 orang korban luka-luka,” kata Andalika.

Korban meninggal dunia, kata Andalika, langsung dibawa ke rumah duka oleh keluarga, sementara 1 orang korban luka-luka dibawa ke rumah sakit umum Takengon.

“Korban mengalami luka di bagian kaki diduga patah, sementara korban luka 1 orang lagi langsung dibawa keluarga ke rumahnya dengan kondisi tangan luka-luka,” ucap Andalika. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button