NewsOlahraga

Mantan Kepala BIN Lantik Eks Wakil Panglima GAM Jadi Ketua KONI Aceh

Banda Aceh – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letjen (Purn) TNI Marciano Norman melantik eks Wakil Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Kamaruddin Abubakar sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh Periode 2022-2026.

Pria yang akrab disapa Abu Razak itu dilantik bersama puluhan pengurus lainnya di Anjong Mon Mata, Pendopo Gubernur Aceh, Jumat (27/1/2023) malam.

Marciano Norman sebagai Ketua Umum KONI Pusat mengucapkan selamat kepada ketua dan jajaran pengurus KONI Aceh.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Pj Gubernur Aceh dan jajaran PB PON 2024, dalam menyukseskan pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Marciano optimis dan yakin Pj Gubernur Aceh dapat mengoptimalkan seluruh kemampuan yang ada di daerah ini, sehingga bisa menjadi tuan rumah yang baik.

“Saya berharap semua berjalan dengan baik, pembangunan venue yang ada saya yakin gubernur berkomunikasi terus dengan para menteri terkait untuk bisa selesai pada waktunya,” ujarnya.

Sementara, Ketua KONI Aceh, Abu Razak berharap pelantikan tersebut tidak hanya sebagai ajang seremoni semata, tetapi juga menjadi momentum penting untuk menambah semangat, dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga Aceh, khususnya menjelang PON 2024 mendatang.

Sebagaimana semangat awal saat mencalonkan diri sebagai ketua umum KONI Aceh masa bakti 2022-2026, Abu Razak bersama para pengurus yang telah disusun, dan resmi dilantik pada malam ini, bertekad untuk lebih meningkatkan lagi prestasi olahraga Aceh, baik di level regional, nasional dan internasional.

Sebagaimana diketahui, kata dia, saat ini prestasi olahraga Aceh terus mengalami peningkatan, khususnya di dua ajang PON yaitu PON 19 Jawa Barat dan PON 20 Papua.

Pada PON 19 tahun 2016 di Jawa Barat, sebut Abu Razak, Aceh berhasil memperbaiki peringkat hingga ke rangking 17, dari rangking 25 pada PON sebelumya di Riau.

Peningkatan, ucap Abu Razak, terus berlanjut saat PON 20 tahun 2021 di Papua, di mana posisi Aceh menanjak hingga ke rangking 12.

Abu Razak mengatakan, capaian-capaian tersebut tentunya tidak terlepas dari kepemimpinan ketua umum KONI Aceh sebelumnya, Muzakir Manaf atau yang akrab disapa Mualem, bersama para pengurus KONI Aceh dan dukungan dari seluruh pihak, khususnya dari Pemerintah Aceh.

“Saya bersama pengurus KONI Aceh yang baru dilantik akan bekerja keras untuk melanjutkan estafet Mualem dalam memajukan olahraga Aceh,” pungkasnya. []

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button